Sabtu, 09 Mei 2020

Contoh RPP Bahasa Inggris Kelas VII

Apakah yang anda pikirkan? Waduh, udah macam FB ya pertanyaannya. Tapi bisa jadi itu juga pertanyaan saya kepada anda. Anda sedang mencari
contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Inggris SMP Kelas VII kan? Let's check it out!




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP

Satuan pendidikan    :  SMP Negeri
Mata pelajaran           :  B. Inggris
Kelas/sms                  : VII/ genap
Materi                        : Teks transaksional (Deskripsi sifat dan ciri fisik
  Binatang)
Alokasi waktu           : 3 x pertemuan ( 6 X 40’)
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
KOMPETENSI INTI
 


1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. (indirect teaching)
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
(indirect teaching)
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa  ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,  teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.     
KOMPETENSI INTI dan INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Mengolah, menyaji, dan  menalar dalam  ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,  dan membuat) dan  ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar,  dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari  di sekolah  dan sumber  lain yang  sama dalam  sudut pandang/teori.

KD
3.5.
Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur kebahasaan be, Adjective)
4.5
Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait sifat orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
IPK
3.5.1
Mengidentifikasi  gambaran umum dari percakapan  lisan tentang bertanya dan memberi informasi terkait dengan sifat binatang.

3.5.2
Mengidentifikasi struktur percakapan lisan tentang sifat binatang


3.5.3
Mengidentifikasikan kata sifat yang digunakan dalam percakapan lisan tentang bertanya dan memberi informasi terkait sifat binatang.

3.5.4
Mengidentifikasi  gambaran umum dari percakapan  tertulis tentang bertanya dan memberi informasi terkait dengan sifat binatang.

3.5.5
Membedakan ungkapan yang digunakan dalam percakapan tertulis tentang sifat binatang.

3.5.6
Memahami makna kata sifat yang digunakan dalam percakapan tertulis tentang bertanya dan memberi informasi terkait sifat benda

4.5.1
Membuat kalimat sederhana tentang menanyakan dan mendeskripsikan sifat dan ciri fisik binatang.

4.5.2
Membuat teks interaksi lisan terkait menanyakan dan memberi informasi sifat dan karakteristik fisik binatang.


4.5.2
Memperagakan percakapan tentang  sifat  dan ciri fisik binatang




Nilai Karakter yang ditanamkan / ditumbuhkan :   Jujur, disiplin, dan tanggung jawab
TUJUAN PEMBELAJARAN
 


Pada akhir pembelajaran pertemuan  I siswa dapat:
1.      menentukan topik dari percakapan lisan tentang sifat dan ciri fisik binatang dengan benar sesuai konteks.
2.      mengidentifikasi pola ungkapan yang digunakan dalam percakapan lisan tentang sifat dan ciri fisik binatang.
3.      mengungkapkan kembali kata sifat yang digunakan dalam percakapan lisan tentang binatang dengan benar.
4.      menganalisa percakapan tertulis tentang sifat dan ciri fisik binatang berdasarkan fungsi sosial dan pola ungkapan yang digunakan dengan teliti.
5.      Bersikap Jujur , disiplin dan tanggung jawab


Pada akhir pembelajaran pertemuan II diharapkan siswa dapat:
6.      membandingkan sifat dan ciri fisik binatang berdasarkan percakapan tertulis tentang sifat dan ciri fisik binatang dengan teliti.
7.      Menggunakan kata-kata sifat untuk mendeskripsikan sifat dan ciri binatang dengan tepat.
8.      Menyusun kata acak menjadi kalimat Tanya dan berita tentang deskripsi sifat dan ciri
fisik binatang dengan benar.
9.      Melengkapi percakapan tertulis tentang menanyakan dan memberi informasi  tentang sifat dan ciri fisik binatang.
10.  Mendemonstrasikan percakapan tentang menanyakan dan memberi informasi  tentang sifat dan ciri fisik binatang.
11.  Bersikap  Jujur , Disiplin dan Tanggung jawab, Percaya diri

MATERI PEMBELAJARAN
 
a.      Regular 
Fungsi sosial   : Meminta dan memberi informasi terkait dengan sifat dan ciri fisik binatang.
Struktur teks  :  memulai ( ungkapan meminta informasi)
                        Ex.  What does the cat look like?
                          menanggapi (ungkapan memberi informasi)
                        Ex. My cat is cute.
Unsur kebahasaan  :
·         Kosa kata  : kata sifat , to be, verbs, part of body.
·         Grammar  : simple present tense.
·         Pronounciation.
·         Intonation.
a.      Remedial             :  kalimat simple present tense, kosa kata sifat.
b.      Pengayaan           :  Mendeskripsikan hewan kesayangan
Pendekatan/Metode
1.      Scientific Approch
2.      CTL
3.      Cooperative learning
4.      Communicative learning.
5.      Diskusi
6.      Demonstrasi
Sumber Media
1.      Buku teks : Guru dan Siswa
2.      Buku sumber lain.
3.      Percakapan lisan dalam video, cd.
4.      Gambar hewan (puzzle)
5.      Flipchart.
Langkah – langkah Pembelajaran:
Pertemuan I (2x 40’)
Pendahuluan:
·         Salam dan sapa dalam bahasa Inggris.
·         Memonitor kesiapan kelas dan berdoa
·         Memotivasi siswa dengan lagu ‘five little duck’.
·         Bertanya jawab tentang lagu
·         Menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran.
·         Siswa secara berkelompok mengamati gambar kucing kemudian menuliskan kata sifat dan bagian tubuh dari kucing tersebut.
Inti :
·         Mengamati             :  mendengarkan percakapan lisan tentang sifat dan ciri kucing
                                       secara individu dengan teliti difokuskan pada topik
                                       percakapan, kata sifat yang digunakan.
·         Menanya                 :  mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang ingin diketahui
                                       siswa dari percakapan yang didengar termasuk  pertanyaan
                                       pada lembar LK dengan penuh percaya diri.
          Mengeksplorasi      :  dalam kelompok diskusi siswa  mencari informasi dari kamus
   terkait kosa kata yang tidak diketahui dan mendengarkan
   kembali video  secara teliti
                                                   
·         Mengasosiasi               :  menentukan fungsi sosial, struktur teks dan kata sifat yang
   digunakan di dalam teks dan jawaban pada lembar kerja
   dengan benar
·         Mengkomunikasikan   :  
-          menulis hasil kerja kelompok dan mempresentasikan di
                                         depan kelas dengan percaya diri
-          guru dan siswa menilai hasil kerja dengan jujur dan bertanggung jawab.
Penutup :
·         Merefleksi pembelajaran
·         Menyimpulkan pembelajaran
·         Menyanyikan kembali  lagu ‘five little duck’
Pertemuan II (2x 40’)

Pendahuluan:
-          Salam dan tegur sapa dalam Bahasa Inggris.
-          Cek kehadiran, berdoa, menyiapkan buku pelajarann berdoa.
-          Memotivikasi peserta didik pentingnya mendeskripsikan sesuatu dalam bahasa inggris
-          Bertanya dan menjawab tentang beberapa binatang yang ada di sekitarnya ( sekolah, rumah )
-          Mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk mendeskripsikan binatang tersebut secara sederhana
-          Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
-          Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
Inti :
·         Mengamati            : Membaca beberapa teks deskriptif  tentang binatang, yang
                                          ada disertai   foto atau gambar yang menarik secara teliti
·         Menanya                : Menanyakan isi/informasi terkait teks yang dibaca dengan
       percaya diri
·         Mengeksplorasi     : Secara berkelompok, menggunakan alat analisis (tabel atau      
                                 bagan   mind- map)  untuk menemukan informasi yang  
       terdapat  dalam dua  percakapan  tentang deskripsi binatang
       dengan rasa tanggung jawab.
·         Mengasosiasi       : Membandingkan dua percakapan tersebut dari segi fungsi sosial,
     struktur teks  dan deskripsi sifat dan ciri fisik binatang dengan teliti
·         Mengkomunikasian:
-          Menyajikan hasil analisis dalam bentuk tulis (diagram ven) dan lisan di depan kelas  dengan percaya diri.
-          Mengomentari hasil presentasi teman dengan jujur.

Mengkreasi                       : 
-          Siswa secara berpasangan mengerjakan lembar kerja tentang deskripsi ciri fisik binatang dengan teliti  dan bertanggung jawab
-           Menyusun  kalimat acak tentang  sifat dan cara fisik binatang secara teliti
-          Tanya dan  jawab tentang deskripsi sifat dan ciri fisik binatang, dengan percaya diri
-          Melengkapi percakapan tertulis tentang menanyakan dan memberi informasi  tentang sifat dan ciri fisik binatang dengan jujur dan  rasa tanggung jawab.
-          Meremberikan feeddback dengan percaya diri dan bertanggung jawab
-          Mendemonstrasikan percakapan yang sudah disusun secara berpasangan dengan percaya diri.

Penutup :
-          Menanyakan manfaat pembelajaran yang baru diselesaikan
-          Menanyakan kesulitan dalam melakukan aktivitas pembelajaran
-          Menyimpulkan hasil pembelajaran
-          Memberi tugas mencari gambar binatang, yang paling berkesan untuk dibawa pada pertemuan berikutnya.
-          Menyampaikanrencanakegiatanpembelajaranuntukpertemuanberikutnya
Penilaian
a.       Teknik             :  tes lisan, tertulis dan unjuk kerja
b.      Instrument       :  daftar pertanyaan dan lembar observasi
c.       Bentuk            :  essay, pilihan ganda (multiple choice), penugasan
d.      Prosedure        :  penilaian proses dan hasil.
Rubrik Penilaian Pengetahuan
No
Aspek  Penilaian
Jumlah Soal
Skor
1.       
Fungsi sosial
2
2
2.       
Struktur teks
2
2
3.       
Unsur kebahasaan
8
8

Rubrik Penilaian Keterampilan Menulis
No
Aspek yang dinilai
Kirteria
skor
1.
 Kesesuaian
 Struktur
Struktur tepat
2
Ada kesalahan
1
2.
Penggunaan kosa kata
Tidak ada kesalahan
2
Ada kesalahan
1
3.
Penulisan Kata
Tidak ada kesalahan
2
Ada kesalahan
1

    Nilai akhir =

  Rubrik Penilaian Keterampilan (Speaking)
No
Aspek yang dinilai
Kirteria
skor
1.
Pengucapan (pronunciation)
Hampir semua benar
5
Ada 1 kesalahan
4
Ada 2 kesalahan
3
Ada 3 kesalahan
2
Lebih dari 3 kesalahan
1
2.
Intonasi (intonation)
Hampir sempurna
5
Ada 1 kesalahan
4
Ada 2 kesalahan
3
Ada 3 kesalahan
2
Lebih dari 3 kesalahan
1
3.
Kelancaran (fluency)
Lancar (tanpa stop)
5
1 kali pengulangan
4
2 kali pengulangan
3
3 kali pengulangan
2
Lebih dari 3 kali pengulangan
1
4.
Ketepatan makna
(accuracy)
Tepat pemilihan kata
5
1 kata salah pilih
4
2 kata salah pilih
3
3 kata salah pilih
2
Tidak tepat lebih dari 3 kata.
1


Jumlah Skor
20

Nilai akhir =

                       
                                                                                                Medan,     April 2017
Mengetahui,                                                                           
Kepala Sekolah                                                                                   Guru mata pelajaran,

_________________                                                                         ___________________

Contoh Lembar Kerja Siswa I

a.       Butir Soal
 Listen to the conversation carefully
(teks terlampir)
1.      The text is about …
a.       Description of physical appearance of a cat.
b.      Asking and giving information about the physical appearance of a cat
c.       Giving information about the physical appearance of a cat.
d.      Asking information about the physical appearance of a cat.

2.      “What is the color of the cat?”
It is the expression of ……..
a.       Asking information about the cat’s color.
b.      Questioning information about the cat’s habit
c.       Giving information about the cat’s color
d.      Giving information about the cat’s habit

3.      How is the cat?
a.       It looks cute
b.      It looks fierce
c.       It looks wild
d.      It looks unfriendly

4.      The following words describe the characteristic of a cat are....
a.       Lazy, smart, humble
b.      Lazy, smart, wise
c.       Lazy, cruel, talkactive
d.      Active,tame, cute

5.      The fur of the cat is …
a.       Orange
b.      Black and orange
c.       White and black
d.      Orange and white

6.      How is the cat’s tail?
a.       Short
b.      Long
c.       Very long
d.      Too short


Essay:
Complete the following sentences based on the previous conversation.
1.      The cat is a …. Animal.
2.      It has …. Eyes.
3.      It likes …….fish.
4.      It’s fur is ….



b.      Kunci Jawaban
Pilihan berganda
1.      A
2.      D
3.      B
4.      B
5.      B
6.      A
Essay:
1.      Tame
2.      Blue
3.      Fresh
4.           4.   Thick and smooth 




Contoh Lembar Kerja Siswa II
   Butir Soal
 Read the following conversations
(teks terlampir)
Analyze the following conversation based on the topic, and physical characteristics of the animals in the diagram vent below.

Rearrange the following jumbled words into good sentences
1.      Is – what – pet – your?
2.      A wild – lion – animal – is
3.      Ducks – they – five – are – little
4.      Have – it – does – tail – long – a?

Rearrange the expressions into a good conversation.
1.      How is your cat?
2.      It has colorful fur
3.      What is the color of the cat?
4.      It is a smart cart.
5.      Does it have long tail.
6.      It has blue eyes.
7.      Yes, it have.
8.      What is the color of it’s eyes?





0 komentar:

Posting Komentar