contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Inggris SMP Kelas VII kan? Let's check it out!
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
Satuan
pendidikan : SMP Negeri
Mata pelajaran :
B. Inggris
Kelas/sms
: VII/
genap
Materi : Teks transaksional (Deskripsi sifat dan ciri fisik
Binatang)
Alokasi
waktu : 3 x pertemuan ( 6 X 40’)
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
KOMPETENSI INTI
|
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
(indirect teaching)
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
(indirect teaching)
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4.
KOMPETENSI INTI dan INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI
|
KD
|
|
3.5.
Mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait dengan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks
penggunaannya.
(Perhatikan
unsur kebahasaan be, Adjective)
|
4.5
Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait sifat orang,
binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur
teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
IPK
|
|
3.5.1
Mengidentifikasi
gambaran
umum dari percakapan lisan tentang
bertanya dan memberi informasi terkait dengan sifat binatang.
3.5.2
Mengidentifikasi
struktur percakapan lisan tentang sifat binatang
3.5.3
Mengidentifikasikan
kata sifat yang digunakan dalam percakapan lisan
tentang bertanya dan memberi informasi terkait sifat binatang.
3.5.4
Mengidentifikasi
gambaran
umum dari percakapan tertulis
tentang bertanya dan memberi informasi
terkait dengan sifat binatang.
3.5.5
Membedakan ungkapan yang digunakan dalam percakapan tertulis tentang
sifat binatang.
3.5.6
Memahami makna kata sifat yang digunakan dalam percakapan tertulis tentang bertanya
dan memberi informasi terkait sifat benda
|
4.5.1
Membuat kalimat sederhana tentang menanyakan dan
mendeskripsikan sifat dan ciri fisik binatang.
4.5.2
Membuat teks interaksi lisan terkait menanyakan dan memberi informasi sifat
dan karakteristik fisik binatang.
4.5.2
Memperagakan
percakapan tentang sifat dan ciri fisik binatang
|
Nilai Karakter yang
ditanamkan / ditumbuhkan : Jujur,
disiplin, dan tanggung jawab
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
Pada
akhir pembelajaran pertemuan I
siswa dapat:
1. menentukan
topik dari percakapan lisan tentang sifat dan ciri fisik binatang dengan benar sesuai konteks.
2. mengidentifikasi pola ungkapan yang digunakan dalam percakapan lisan
tentang sifat dan ciri fisik binatang.
3. mengungkapkan kembali kata sifat yang digunakan dalam
percakapan lisan tentang binatang dengan benar.
4. menganalisa percakapan tertulis tentang sifat dan ciri fisik binatang berdasarkan
fungsi sosial dan pola ungkapan yang digunakan dengan teliti.
5.
Bersikap
Jujur , disiplin dan tanggung
jawab
Pada akhir pembelajaran pertemuan II diharapkan siswa
dapat:
6. membandingkan sifat dan ciri fisik binatang berdasarkan percakapan
tertulis tentang sifat dan ciri fisik binatang dengan teliti.
7. Menggunakan kata-kata sifat untuk mendeskripsikan sifat dan ciri
binatang dengan tepat.
8. Menyusun kata acak menjadi kalimat Tanya dan berita tentang deskripsi
sifat dan ciri
fisik
binatang dengan benar.
9.
Melengkapi percakapan
tertulis tentang menanyakan dan memberi informasi tentang sifat dan ciri fisik binatang.
10. Mendemonstrasikan percakapan tentang menanyakan dan
memberi informasi tentang sifat dan ciri
fisik binatang.
11. Bersikap Jujur , Disiplin dan Tanggung jawab, Percaya diri
MATERI PEMBELAJARAN
|
a.
Regular
Fungsi sosial : Meminta dan memberi informasi terkait
dengan sifat dan ciri fisik
binatang.
Struktur teks : memulai ( ungkapan meminta
informasi)
Ex. What does the cat look like?
menanggapi
(ungkapan memberi informasi)
Ex.
My cat is cute.
Unsur kebahasaan :
·
Kosa kata : kata sifat , to be, verbs, part of body.
·
Grammar : simple present tense.
·
Pronounciation.
·
Intonation.
a.
Remedial
: kalimat simple present tense, kosa kata sifat.
b. Pengayaan :
Mendeskripsikan hewan kesayangan
Pendekatan/Metode
1. Scientific
Approch
2. CTL
3. Cooperative
learning
4. Communicative
learning.
5. Diskusi
6. Demonstrasi
Sumber Media
1. Buku
teks : Guru dan Siswa
2. Buku
sumber lain.
3. Percakapan
lisan dalam video, cd.
4. Gambar
hewan (puzzle)
5. Flipchart.
Langkah – langkah Pembelajaran:
Pertemuan I (2x
40’)
Pendahuluan:
·
Salam dan sapa dalam
bahasa Inggris.
·
Memonitor kesiapan
kelas dan berdoa
·
Memotivasi siswa dengan
lagu ‘five little duck’.
·
Bertanya jawab
tentang lagu
·
Menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran.
·
Siswa secara
berkelompok mengamati gambar kucing kemudian menuliskan kata sifat dan bagian
tubuh dari kucing tersebut.
Inti
:
·
Mengamati :
mendengarkan percakapan lisan tentang sifat
dan ciri kucing
secara
individu dengan teliti difokuskan pada topik
percakapan, kata sifat yang digunakan.
·
Menanya :
mengajukan pertanyaan
tentang
hal-hal yang ingin diketahui
siswa
dari percakapan yang didengar termasuk pertanyaan
pada lembar LK
dengan penuh percaya diri.
● Mengeksplorasi : dalam kelompok
diskusi siswa mencari informasi dari kamus
terkait kosa kata yang tidak diketahui dan mendengarkan
kembali video secara teliti
·
Mengasosiasi :
menentukan fungsi sosial,
struktur teks dan kata sifat yang
digunakan di dalam teks dan jawaban
pada lembar kerja
dengan benar
·
Mengkomunikasikan :
-
menulis hasil kerja
kelompok dan mempresentasikan di
depan kelas
dengan percaya diri
-
guru dan siswa menilai hasil kerja dengan jujur dan bertanggung jawab.
Penutup
:
·
Merefleksi pembelajaran
·
Menyimpulkan
pembelajaran
·
Menyanyikan
kembali lagu ‘five little duck’
Pertemuan II (2x
40’)
Pendahuluan:
-
Salam
dan tegur sapa dalam Bahasa Inggris.
-
Cek
kehadiran, berdoa, menyiapkan buku pelajarann berdoa.
-
Memotivikasi
peserta didik pentingnya mendeskripsikan sesuatu dalam bahasa inggris
-
Bertanya
dan menjawab tentang beberapa binatang yang ada di
sekitarnya ( sekolah, rumah )
-
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan untuk mendeskripsikan binatang tersebut
secara sederhana
-
Menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai
silabus
-
Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
Inti
:
·
Mengamati : Membaca beberapa teks deskriptif
tentang binatang, yang
ada disertai foto atau gambar yang menarik secara teliti
·
Menanya
:
Menanyakan isi/informasi terkait teks yang dibaca dengan
percaya
diri
·
Mengeksplorasi : Secara
berkelompok, menggunakan alat analisis (tabel atau
bagan mind-
map) untuk menemukan informasi yang
terdapat dalam dua percakapan tentang
deskripsi binatang
dengan rasa tanggung
jawab.
·
Mengasosiasi : Membandingkan dua percakapan tersebut dari segi fungsi sosial,
struktur teks dan deskripsi sifat dan ciri fisik binatang dengan
teliti
·
Mengkomunikasian:
-
Menyajikan hasil
analisis dalam bentuk tulis (diagram ven) dan lisan di depan kelas dengan percaya
diri.
-
Mengomentari hasil
presentasi teman dengan jujur.
Mengkreasi :
-
Siswa secara
berpasangan mengerjakan lembar kerja tentang deskripsi ciri
fisik binatang dengan teliti dan bertanggung jawab
-
Menyusun kalimat acak tentang sifat dan cara fisik binatang secara
teliti
-
Tanya dan jawab tentang
deskripsi sifat dan ciri fisik binatang, dengan percaya diri
-
Melengkapi percakapan
tertulis tentang menanyakan dan memberi informasi tentang sifat dan ciri fisik binatang dengan jujur dan rasa tanggung jawab.
-
Meremberikan feeddback dengan percaya diri dan bertanggung jawab
-
Mendemonstrasikan percakapan yang sudah
disusun secara berpasangan dengan percaya diri.
Penutup
:
-
Menanyakan manfaat pembelajaran yang
baru diselesaikan
-
Menanyakan kesulitan dalam melakukan aktivitas pembelajaran
-
Menyimpulkan hasil pembelajaran
-
Memberi tugas mencari gambar binatang, yang paling
berkesan untuk dibawa pada pertemuan berikutnya.
-
Menyampaikanrencanakegiatanpembelajaranuntukpertemuanberikutnya
Penilaian
a. Teknik
: tes lisan, tertulis dan unjuk kerja
b. Instrument
:
daftar pertanyaan dan lembar
observasi
c. Bentuk
: essay, pilihan ganda (multiple choice), penugasan
d. Prosedure :
penilaian proses dan hasil.
Rubrik
Penilaian Pengetahuan
No
|
Aspek
Penilaian
|
Jumlah Soal
|
Skor
|
1.
|
Fungsi
sosial
|
2
|
2
|
2.
|
Struktur
teks
|
2
|
2
|
3.
|
Unsur
kebahasaan
|
8
|
8
|
Rubrik Penilaian
Keterampilan Menulis
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Kirteria
|
skor
|
1.
|
Kesesuaian
Struktur
|
Struktur
tepat
|
2
|
Ada
kesalahan
|
1
|
||
2.
|
Penggunaan
kosa kata
|
Tidak
ada kesalahan
|
2
|
Ada kesalahan
|
1
|
||
3.
|
Penulisan
Kata
|
Tidak
ada kesalahan
|
2
|
Ada
kesalahan
|
1
|
Nilai akhir =
Rubrik Penilaian
Keterampilan (Speaking)
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Kirteria
|
skor
|
1.
|
Pengucapan
(pronunciation)
|
Hampir
semua benar
|
5
|
Ada 1
kesalahan
|
4
|
||
Ada 2
kesalahan
|
3
|
||
Ada 3
kesalahan
|
2
|
||
Lebih
dari 3 kesalahan
|
1
|
||
2.
|
Intonasi
(intonation)
|
Hampir
sempurna
|
5
|
Ada 1
kesalahan
|
4
|
||
Ada 2
kesalahan
|
3
|
||
Ada 3
kesalahan
|
2
|
||
Lebih
dari 3 kesalahan
|
1
|
||
3.
|
Kelancaran
(fluency)
|
Lancar
(tanpa stop)
|
5
|
1 kali
pengulangan
|
4
|
||
2 kali
pengulangan
|
3
|
||
3 kali
pengulangan
|
2
|
||
Lebih
dari 3 kali pengulangan
|
1
|
||
4.
|
Ketepatan
makna
(accuracy)
|
Tepat
pemilihan kata
|
5
|
1 kata
salah pilih
|
4
|
||
2 kata
salah pilih
|
3
|
||
3 kata
salah pilih
|
2
|
||
Tidak
tepat lebih dari 3 kata.
|
1
|
||
Jumlah Skor
|
20
|
Nilai
akhir =
Medan, April 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
mata pelajaran,
_________________
___________________
Contoh Lembar Kerja Siswa I
a.
Butir Soal
Listen to
the conversation carefully
(teks terlampir)
1. The text is about …
a.
Description
of physical appearance of a cat.
b.
Asking
and giving information about the physical appearance of a cat
c.
Giving
information about the physical appearance of a cat.
d.
Asking information
about the physical appearance of a cat.
2. “What is the color of the cat?”
It is the expression of ……..
a. Asking information about the cat’s color.
b. Questioning information about the cat’s habit
c. Giving information about the cat’s color
d. Giving information about the cat’s habit
3.
How is
the cat?
a.
It looks cute
b.
It looks fierce
c.
It looks wild
d.
It looks unfriendly
4.
The following words
describe the characteristic of a cat are....
a.
Lazy, smart, humble
b.
Lazy, smart, wise
c.
Lazy, cruel,
talkactive
d.
Active,tame, cute
5. The fur of the cat is …
a.
Orange
b.
Black and
orange
c.
White and
black
d.
Orange
and white
6. How is the cat’s tail?
a.
Short
b.
Long
c.
Very long
d.
Too short
Essay:
Complete the
following sentences based on the previous conversation.
1.
The cat
is a …. Animal.
2.
It has ….
Eyes.
3.
It likes
…….fish.
4.
It’s fur
is ….
|
b.
Kunci Jawaban
Pilihan berganda
1.
A
2.
D
3.
B
4.
B
5.
B
6.
A
Essay:
1. Tame
2. Blue
3. Fresh
4. 4. Thick and smooth
|
Contoh Lembar Kerja Siswa II
Butir
Soal
Read the
following conversations
(teks terlampir)
Analyze the following conversation based on the
topic, and physical characteristics of the animals in the diagram vent below.
Rearrange the following jumbled words into good
sentences
1. Is – what – pet – your?
2. A wild – lion – animal – is
3. Ducks – they – five – are – little
4. Have – it – does – tail – long – a?
Rearrange the expressions into a good conversation.
1. How is your cat?
2. It has colorful fur
3. What is the color of the cat?
4. It is a smart cart.
5. Does it have long tail.
6. It has blue eyes.
7. Yes, it have.
8. What is the color of it’s eyes?
|







0 komentar:
Posting Komentar